Apa Itu APD? Apa Peranan APD Dalam Tugas?

 


Apasih APD itu? APD ialah ringkasan dari alat perlindungan diri. APD biasa kita jumpai di beberapa aktivitas seperti kontraktor, doktor, laboratorium dan lain-lain. Peranan dari APD ada banyak tipe. APD ada yang digunakan membuat perlindungan anggota badan dan ada pula yang berperan sebagai alat dalam genting. Indonesia sendiri mempunyai Ketentuan Menteri Ketenagakerjaan Nomor delapan tahun 2010 mengenai Alat Perlindungan Diri yang berisi jika memberi dasar hukum dan tutorial untuk kita untuk pahami dan mengaplikasikan pelindungan dengan ala-ala perlindungan diri atau APD.


Bedasarkan Permenaker nomor delapan tahun 2010, alat perlindungan diri ialah satu alat yang memiliki kekuatan membuat perlindungan seorang dengan tutupi beberapa atau semua badan untuk menghindar bahaya pada tempat kerja. Permenaker nomor delapan tahun 2010 menggolongkan peranan dan tipe alat perlindungan diri jadi 9 sisi yang digolongkan berdasar arah pemakaiannya. sepatu safety dr. osha harga bisa menjadi solusi yang terbaik untuk kamu.


Alat perlindungan kepala

Alat perlindungan kepala ini mempunyai peranan membuat perlindungan kepala dari bentrokan benda tajam dan keras dan membuat perlindungan kepala dari radiasi panas atau recikan api yang melayang-layang pada udara. Alet perlindungan kepala ini terbagi dalam helm pengaman, penutup rambut, tudang kepala, dan lain-lain.


Perlindungan mata atau muka

Sama seperti dengan perlindungan kepala, namun alat ini membuat perlindungan muka atau muka dari paparan radiasi atau recikan api yang melayang-layang pada udara. Alat perlindungan muka ini terbagi dalam kacamata pengaman, goggles, tameng muka, masker selam, tameng muka dan kacamata (Fullface) yang di mana masing-masing alat itu mempunyai standard dan perannya masing-masing.


Alat perlindungan telinga

Alat ini mempunyai peranan membuat perlindungan telinga dari suara yang keras atau keributan seperti seorang yang naiki helikopter. Perlindungan telinga terbagi dalam alat penyumbat telinga dan penutup telinga yang berupa earphone.


Alat perlindungan diri pernafasan

Alat perlindungan pernafasan ialah alat perlindungan yang berperan membuat perlindungan organ pernafasan dengan salurkan udara bersih atau fresh dan memfilter udara polusi atau pencemaran bahan kimia, micro organisme, debu dan lain-lain hingga tidak masuk ke organ badan kita. Alat ini terbagi dalam masker, respirator, katrit, kanister, airline respirator hose mask respirator, bak selam dan regulator dan lain-lain. Alat pernafasan terdiri jadi 2 yaitu air purifying dan air supplly.


Alat perlindungan tangan

Peranan dari alat ini tentu saja ialah membuat perlindungan tangan dan sampai jari-jari dari temperatur dingin atau panas, radiasi, arus listrik, zat kimia, dan lain-lain. Tipe perlindungan tangan ini terdiri bermaterial yang berbeda bergantung manfaatnya seperti dibuat dari karet, kain, kulit, logam, dan lain-lain.


Alat perlindungan kaki

Alat ini befungsi membuat perlindungan kaki dari bentrokan atau benda tajam yang berada di bawah hingga kaki kita aman saat bertumpu atau jalan diatasnya. Perlindungan kaki ini membuat perlindungan kita dari temperatur panas karena umumnya ada material keras yang bisa membuat perlindungan kaki kita. Alat pelindungi ini umumnya digunakan pada tugas pelaburan logam, konstruksi, sampai tugas yang berpotenis mencelakakan diri seperti listrik atau kimia.


Baju perlindungan diri

Baju perlindungan ini berfungi membuat perlindungan tubuh baik beberapa tubuh atau semua badan dari suhu panas, dingin, api, sampai virus atau zat kimia yang lain. Tipe baju ini umumnya terbagi dalam rompi, celemek, jacket dan baju perlindungan semua tubuh dari kepala sampai kaki.


Alat perlindungan ketinggian

Peranan dari alat ini untuk melindung karyawan supaya tidak jatuh dari ketinggian. Umumnya dipakai pada karyawan listrik, tower atau kontruksi bangunan tinggi. Alat ini terjadi dari sabuk pengaman, karabiner, tali jaringan, tali pengaman, pencapit tali, alat penurun, alat penahan jatuh, dan lain-lain.


Alat perlindungan air

Alat ini umumnya dipakai untuk karyawan yang terkait sama air seperti laut, sungai atau kali. Alat ini kita mengenal bernama pelampung yang berperan membuat perlindungan pemakai supaya terbebas terbenam karena arus atau musibah lain. Tipe pelampung ini terbagi dalam jaket keselamatan, rompi keselamatan, rompi pengontrol keterapungan.


APD harus dipakai setiap sektor tugas yang bisa mencelakakan karyawan, oleh karenanya pemakaiannya jangan dikira mudah. Pakailah APD yang betul dan yakinkan tidak ada yang ketinggalan, karenanya memakai APD ini tentu saja kita akan selamat saat bekerja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alat Keselamatan Kerja Untuk Kapal Yang Harus Anda Kenali

ALAT-ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI LABORATORIUM

Petugas Cleaning Service Harus Disiplin Pakai APD